19 Sep

Pemenuhan gizi mikro tidak kalah penting dengan pendidikan dan peningkatan ekonomi dalam pemenuhan kebutuhan hidup. 

Memang tidak terlihat secara nyata, tetapi kekurangan zat gizi mikro dapat menimbulkan dampak serius. 

Zat gizi mikro adalah zat gizi yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit di dalam tubuh. 

Zat gizi mikro adalah zat gizi yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit di dalam tubuh dwn berperan sebagai kofaktor, pengikat, serta menjadi alat dari proses tersebut.

Zat gizi mikro memiliki fungsi untuk mensintesis enzim dan hormon, serta berperan dalam menjaga semua organ dan indera tubuh berfungsi dengan baik, seperti vitamin A yang menjaga kesehatan mata, vitamin E menjaga kesehatan kulit, dan sebagainya.

Jenis zat gizi mikro lebih banyak dan bervariasi dibandingkan dengan zat gizi makro, seperti zat antioksidan, berbagai macam vitamin serta mineral. Zat gizi mikro lebih sering ditemukan di berbagai jenis sayur, buah, dan susu.

Kekurangan zat gizi mikro, dapat menyebabkan gangguan seperti:

1. Kekurangan vitamin A, menyebabkan masalah pada penglihatan

2. Kekurangan zat besi, menjadi anemia

3  Kekurangan iodine, bisa mengakibatkan goiter

4  Kekurangan thiamin menyebabkan beri-beri
 
Lalu, mana yang harus dikejar untuk makro dan mikro nutrisi untuk mencegah stunting? 

Keduanya penting untuk tumbuh kembang anak tidak bisa mana yang lebih dulu. Semua zat gizi ada di bahan makanan, kalau gizi makro bisa terpenuhi maka zat gizi mikronya juga harus terpenuhi. 

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top