16 Aug

Temulawak merupakan salah satu tanaman herbal asli dari Indonesia yang memiliki bentuk mirip kunyit. Tanaman ini sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat luas dalam hal kesehatan dan pengobatan. Temu lawak juga disebut-sebut dapat mencegah stunting pada anak loh, Genbestie. Untuk mengetahui faktanya, yuk simak artikel berikut!

 

Ditetapkan Sebagai Tanaman Obat Unggulan Indonesia

Temulawak diluncurkan sebagai tanaman obat Indonesia unggulan. Dilansir dari laman resmi sehatnegeriku.kemkes.go.id, penetapan tersebut disampaikan dalam pameran alat kesehatan dan farmasi dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-59 tahun 2023 lalu. Melalui penetapan tersebut, temulawak diharapkan bisa mendunia seperti tanaman herbal negara lainnya. Berbagai upaya dalam pengembangan dan riset kandungan juga tengah dilakukan guna mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih banyak.

 

Baca Juga: Mitos atau Fakta Daun Kelor Ampuh untuk Cegah Stunting 

 

Kandungan Nutrisi Temulawak

Temulawak atau Curcuma xanthorrhiza sering dijadikan bahan baku dalam berbagai suplemen kesehatan karena memiliki kandungan nutrisi yang beragam. Dilansir sehategeriku.kemkes.go.id, beberapa kandungan temulawak di antaranya adalah zat besi, kalsium, vitamin, sodium, dan asam folat. Salah satu kandungan zat aktif berupa kurkuminoid pada temulawak juga berkhasiat untuk mencegah berbagai penyakit hati seperti fatty liver, sirosis, hingga kanker hati.

 

Khasiat Temulawak dalam Meningkatkan Nafsu Makan Anak dan Mencegah Stunting

Stunting sering kali disebabkan oleh kurangnya asupan gizi akibat rendahnya nafsu makan. Dalam hal ini, temulawak dapat dijadikan salah satu solusi alami untuk mencegah stunting pada anak karena khasiat utamanya dalam meningkatkan nafsu makan. 

 

Ketika nafsu makan meningkat, kita lebih mudah untuk memastikan bahwa anak mendapatkan nutrisi yang cukup. Sebab, dengan asupan gizi yang cukup, risiko anak mengalami gangguan pertumbuhan akibat kekurangan gizi dapat dikurangi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa temulawak berperan sebagai salah satu solusi alami untuk mendukung pola makan yang baik dan mencegah stunting pada Si Kecil.

 

Salah satu cara mengonsumsi temulawak untuk mengatasi masalah penurunan nafsu  makan  pada  Si Kecil  yaitu dengan  pemberian  ekstrak  temulawak. Namun, lakukanlah konsultasi terlebih dulu kepada dokter ahli agar konsumsi temulawak sesuai dengan apa yang dibutuhkan ya, Genbestie!  

 

Baca Juga: Yuk Lakukan Tips ABCDE untuk Cegah Stunting Apa Saja Ya? 

-----

Sumber: 
https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20231109/5344222/temulawak-ditetapkan-sebagai-tanaman-obat-unggulan-indonesia/

https://sardjito.co.id/2023/11/10/kemenkes-ri-luncurkan-temulawak-tanaman-obat-indonesia-unggulan/

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top