24 Oct

Minum jus buah adalah salah satu cara bagi Genbestie untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan serat setiap harinya. Jus buah yang dikonsumsi mempunyai banyak manfaat untuk tubuh, lho. Contohnya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membuat tubuh lebih bugar, dan melancarkan pencernaan seperti yang dikutip dari Layanan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Yankes Kemenkes). Selain menyehatkan, minuman ini juga gampang ditemui dan praktis untuk dikonsumsi.

 

Meskipun demikian, Genbestie tetap harus memperhatikan bahan yang terkandung di dalam jus buah, ya. Banyak jus buah yang disajikan dengan menambahkan gula atau susu kental manis secara berlebihan. Bukannya sehat, kedua kandungan ini justru akan menambah kadar gula dalam darah yang tidak baik untuk tubuh seperti yang dilansir dari Ayo Sehat Kemenkes.

 

Baca juga: Cegah Anak Diabetes, Ini Aturan Menambahkan Gula pada MPASI

 

Nah agar Genbestie tetap bisa mendapatkan manfaat maksimal dari jus buah, yuk simak tipsnya berikut ini.

 

Tips Membuat Jus Buah Sehat

 

tips membuat jus buah sehat

 

1. Pilih buah yang segar

Agar memperoleh khasiat yang maksimal, gunakan buah yang masih segar. Jus yang dibuat dari buah-buahan yang terlalu matang atau mulai layu akan membuat kualitasnya berkurang.

 

2. Kombinasikan beberapa jenis buah untuk membuat jus

Di sekitar kita ada berbagai jenis buah-buahan yang cocok untuk dijadikan jus. Kombinasikan beberapa buah untuk mendapatkan beragam manfaat dalam satu kali konsumsi.

 

3. Kombinasikan jus dengan sayur atau rempah

Selain mengkombinasikannya dengan buah lain, jus juga dapat dicampur dengan sayuran atau rempah. Genbestie dapat memanfaatkan beberapa sayuran seperti wortel, bit, atau bayam untuk diolah menjadi jus. Selain itu, beberapa jenis rempah seperti jahe dan kayu manis dapat ditambahkan saat membuat jus untuk menjaga daya tahan tubuh. 

 

Baca juga: 5 Minuman Sehat ini Bikin ASI Melimpah

 

4. Perhatikan sebelum menambahkan gula

Menambahkan rasa manis dengan gula pasir atau madu pada minuman sebenarnya sah-sah saja dilakukan. Namun sebaiknya coba ingat terlebih dahulu sudah berapa banyak gula yang sudah dikonsumsi hari ini. Untuk orang dewasa, batas konsumsi gula per hari adalah 50 gram atau setara dengan 4 sendok makan gula sesuai saran dari Kemenkes.

 

5. Hindari jus dengan rasa asam di pagi hari

Waktu terbaik untuk mengonsumsi jus adalah di pagi hari karena bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Tetapi sebaiknya hindari jus buah dengan rasa asam di pagi hari agar tidak sakit perut. Jus pisang, pepaya, atau apel menjadi pilihan buah yang tepat untuk dikonsumsi di pagi hari.

 

6. Pilih buah yang rendah kalori

Jika Genbestie sedang diet atau memiliki berat badan berlebih, pilihlah jus dengan buah yang rendah kalori. Misalnya pilih jus buah apel, jeruk, melon yang mempunyai kandungan kalori sekitar 80 kkal. Hindari jus dari buah yang mengandung kalori tinggi seperti nangka, alpukat, dan durian.

 

Baca juga: Kaya Manfaat, Ini Olahan Melon untuk MPASI Bayi

 

7. Jangan simpan jus dalam waktu lama

Dalam sekali mengolah, terkadang jus akan dibuat dalam beberapa porsi. Namun jus yang tidak langsung diminum akan menurunkan manfaatnya karena kontaminasi oksigen dan sinar ultraviolet dari matahari. Jika ingin membuat dalam jumlah banyak, simpanlah dalam ruang dengan suhu dingin dan konsumsilah sebelum 4 jam.

 

Dengan mengikuti tips ini, Genbestie dapat mengonsumsi jus buah yang segar, kaya serat, dan mendapatkan manfaat yang optimal untuk menjaga kesehatan tubuh. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi makanan dengan pola gizi seimbang sesuai pedoman ‘Isi Piringku’, ya.

 

———

 

Sumber:

 

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/436/memaksimalkan-manfaat-jus-buah

 

https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/page/31/berapa-anjuran-konsumsi-gula-garam-dan-lemak-per-harinya

 

https://www.fda.gov/food/buy-store-serve-safe-food/what-you-need-know-about-juice-safety

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top