27 Aug

Untuk mendukung pertumbuhan bayi prematur memang membutuhkan perawatan dan perhatian khusus. Ada beberapa stimulasi khusus yang bisa GenBest berikan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang bayi prematur.

 

Caranya nggak susah, kok. Malah GenBest dan buah hati bisa mempraktikkannya langsung di rumah. Yuk, simak cara-cara stimulasi bayi prematur untuk meningkatkan tumbuh kembangnya berikut ini:

 

Sering diajak ngobrol

Salah satu risiko bayi lahir prematur adalah gangguan bahasa. Kendala ini biasanya terletak pada pemahaman kalimat, mengekspresikan diri melalui bahasa, mengolah kata hingga artikulasi (pengucapan).

 

Untuk itu, kita harus memberikan stimulasi dengan sering mengajak anak ngobrol. GenBest bisa mengajaknya bicara kapan saja, misalnya saat mandi, makan, mengganti popok, atau saat menimangnya. Mengajak bayi prematur berbicara memang terlihat sederhana, namun hal ini bisa menjadi stimulus yang bagus untuk mencegah terjadinya gangguan bahasa.

 

Melatihnya tengkurap

Salah satu kemampuan motorik kasar yang harus diberi stimulus adalah tengkurap. Menurut dr. I Gusti Ayu Nyoman Pratiwi, Sp.A., MARS. pada Haibunda.com, stimulasi motorik kasar sangat penting untuk bayi prematur. Mayoritas orang tua takut melakukan hal ini karena tubuh bayi yang rentan.

 

Padahal sejak usia 6 minggu sampai 2 bulan bayi sudah bisa ditengkurapkan. Dengan catatan, jangan menengkurapkan bayi terlalu lama, ya, GenBest. Apalagi ketika ia terlihat tidak nyaman.

 

Memberikan stimulasi bayi prematur untuk tengkurap bisa melatih otot punggung dan lehernya lebih kuat. Namun agar lebih aman, GenBest bisa konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau bidan, ya.

 

Rangsangan pada mulut

Organ mulut bayi prematur juga perlu diberikan stimulasi agar tumbuh optimal. Salah satu cara menstimulasi organ mulut dengan rajin menyusui anak. Karena dengan menyusu bayi tidak hanya mencukupi kebutuhan makanannya, namun juga melatih otot-otot di sekitar mulut.

 

Menurut dr. Tiwi biarkan juga ketika bayi prematur mengemut tangannya. Karena hal tersebut dapat memberikan input ke otak sehingga si kecil semakin tahu bagian tubuhnya. Namun selalu pastikan kebersihan si kecil, ya.

 

Rajin Memberikan ASI

Memberikan ASI secara intens pada bayi prematur memiliki banyak manfaat, salah satunya menstimulasi pertambahan berat badan anak. Bayi prematur umumnya memiliki berat badan yang lebih rendah dibandingkan bayi normal.

 

Agar berat badan bayi cepat bertambah dan terhindar dari risiko stunting, GenBest perlu memberinya ASI sesering mungkin. Berilah si kecil ASI minimal setiap dua jam sekali. Tak perlu khawatir jika durasi menyusunya pendek asalkan sering diberi ASI.

 

Baca Juga: Cara Efektif Tingkatkan Berat Badan Bayi Prematur

 

Menstimulasi penglihatan

Kulit bayi prematur cenderung lebih tipis, karena lapisan lemaknya belum terbentuk sempurna. Tidak terkecuali lapisan kulit di kelopak mata. Kondisi ini membuat bayi prematur mudah silau dengan cahaya normal dan lebih cepat kelelahan.

 

Proses stimulasi penglihatan bisa GenBest lakukan setelah si kecil keluar dari NICU. GenBest bisa memberikan stimulasi sederhana dengan memandang langsung pada kedua matanya dengan jarak 25-30 meter.  Ini  akan melatih mata si kecil untuk fokus ketika melihat benda.

 

Baca Juga: Nikah di Usia Remaja Memperbesar Risiko Anak Stunting

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top