25 Dec

Genbestie, makanan pedas seringkali menjadi sorotan ketika membahas pola makan ibu hamil. Seiring dengan berbagai mitos dan keyakinan yang berkembang di masyarakat, banyak yang percaya bahwa ibu hamil sebaiknya menghindari konsumsi makanan pedas.

 

Makanan pedas dipercaya dapat menyebabkan kontraksi di perut. Oleh sebab itu, ibu hamil akan menghindari makan pedas ketika hamil. Namun, benarkah mitos ini?

 

Baca juga: 7 Daftar Pantangan Makan Setelah Melahirkan Agar Tubuh Ibu Cepat Fit

 

Fakta Ibu Hamil Makan Pedas

 

Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes), hingga saat ini belum ada penelitian ilmiah yang mendasar mengenai mitos ibu hamil makan pedas. Meskipun begitu, perlu diperhatikan bahwa larangan atau anjuran pembatasan makan pedas sebenarnya berkaitan dengan kondisi ibu hamil secara umum. 

 

Mengutip  dari Journal of Community Health Universitas Hang Tuah Pekanbaru, menghindari makanan yang pedas selama masa kehamilan merupakan salah satu manajemen untuk meminimalisir ketidaknyamanan yang disebabkan karena kehamilan. Makanan yang pedas tidak menyebabkan keguguran, namun bisa menyebabkan sakit perut. 

 

Baca juga: 7 Bahaya Kehamilan yang Perlu Kamu Waspadai

 

Bagi ibu hamil yang memiliki riwayat gangguan lambung, konsumsi pedas saat hamil bisa menimbulkan diare. Selain itu konsumsi makanan pedas juga bisa membuat timbulnya asam lambung. Jika sudah menyerang, asam lambung bisa menyebabkan mual hingga sensasi panas atau heartburn.

 

Agar aman, sebaiknya hindari makan pedas saat perut kosong. Selain itu jangan konsumsi makanan pedas yang berasal dari bahan kimia seperti saus kemasan. Apabila mengalami diare atau kondisi tertentu yang membuat ibu hamil merasa tidak nyaman, sebaiknya segera periksakan diri ke pusat kesehatan terdekat atau dokter spesialis obgyn.

 

—---

 

Sumber:

 

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1166/mitos-seputar-kehamilan

 

https://jurnal.htp.ac.id/index.php/keskom/article/download/361/184/2170

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top