18 Oct

Ibu hamil merupakan salah satu kelompok yang rentan terkena masalah kesehatan mental. Dikutip dari Yankes Kemenkes, sebuah studi di Tiongkok menggambarkan sebanyak 5,3% ibu hamil mengalami gejala depresi, 6,8% mengalami kecemasan, dan 2,6% mengalami insomnia. Masih dikutip dari sumber yang sama, faktor yang menyebabkan ibu hamil mengalami gangguan psikologis antara lain akibat akses pelayanan kesehatan terbatas, kurangnya dukungan sosial dari berbagai pihak, dan kekhawatiran dirinya dan janin apabila tertular penyakit.

 

Jika ibu hamil mengalami masalah kesehatan mental, ada beberapa dampak negatif yang dapat ditimbulkan. Tingkat stres yang tinggi selama kehamilan akan berdampak pada janin karena hormon stres ditransfer oleh ibu ke janin melalui plasenta. Akibatnya, kondisi ini akan berdampak negatif pada janin seperti risiko kelahiran prematur, perkembangan janin yang buruk, Berat Badan Lahir Rendah (BBLR), hingga stunting seperti yang dikutip dari BKKBN.

 

Baca juga: 4 Dampak Buruk Stresnya Ibu Hamil Pada Janin

 

Bagi Genbestie yang sedang dalam fase kehamilan, mulai sekarang coba terapkan 5 tips rekomendasi Ayo Sehat Kementerian Kesehatan agar kesehatan mental tetap terjaga dengan baik.

 

Tips Menjaga Kesehatan Mental selama Kehamilan

 

kesehatan mental ibu hamil

 

1. Rutin berolahraga

Menurut dr. Airindya Bella seperti yang dikutip dari Alodokter, saat berolahraga, tubuh akan melepaskan lebih banyak zat serotonin dan endorfin. Hasilnya, ibu hamil akan memiliki suasana hati menjadi lebih baik, lebih bersemangat, meningkatkan kualitas tidur, dan dapat mencegah insomnia. Genbestie bisa melakukan olahraga ringan untuk menjaga kesehatan mental seperti jalan santai, senam hamil, sepeda statis, dan berenang.

 

Baca juga: Kenapa Olahraga Jalan Kaki Disarankan Bagi Ibu Hamil?

 

2. Melakukan relaksasi

Salah satu cara untuk mengendalikan stres adalah dengan melakukan relaksasi. Genbestie dapat mencoba berbagai teknik relaksasi yang mudah dilakukan dimanapun seperti meditasi, terapi musik, latihan pernapasan, dan yoga. Menurut dr. Sienny Agustin seperti yang dikutip dari Alodokter, relaksasi sebaiknya dilakukan secara rutin selama 15 menit setiap harinya untuk mencegah stres.

 

3. Mempererat komunikasi dengan pasangan

Saat mulai merasa stres, ada baiknya untuk mengkomunikasikannya dengan pasangan. Dengan berbagi cerita, harapannya Genbestie bisa mengurangi beban dan mencegah stres. Selain itu, lakukanlah beberapa hal untuk mempererat komunikasi seperti melakukan quality time bersama, memulai pembicaraan dengan topik sederhana, dan mendengarkan pendapat serta masukan dari pasangan dengan baik.

 

4. Istirahat yang cukup

Memiliki waktu istirahat yang cukup adalah salah satu cara menjaga kesehatan mental saat hamil. Idealnya ibu hamil tidur 7-8 jam tiap malamnya agar terhindar dari postpartum depression seperti yang dikutip dari Yankes Kemenkes. Jika merasa kesulitan untuk tidur, Genbestie bisa menciptakan suasana kamar senyaman mungkin dan melakukan kegiatan tertentu seperti membaca buku, mendengarkan musik, dan melakukan relaksasi.

 

Baca juga: Tidur Yang Cukup Dukung Tumbuh Kembang Anak Lebih Optimal

 

5. Makan dengan pola gizi seimbang

Makan dengan menerapkan gizi seimbang tidak hanya berpengaruh pada kesehatan fisik, tetapi juga akan membawa dampak positif pada ibu hamil. Pola makan dengan gizi seimbang akan membuat gula darah dalam tubuh lebih stabil. Dampaknya, tubuh akan lebih sehat, tidak mudah lelah, dan tidak gampang tersinggung. Selain makanan, jangan lupa juga untuk tetap rutin minum air putih minimal 1,5 liter setiap harinya. 

 

Nah, Genbestie sudah tahu, kan bagaimana cara untuk menjaga kesehatan mental selama masa kehamilan? Cobalah untuk menerapkan 5 tips yang sudah disebutkan, ya. Jika stres sudah sulit diatasi, ada baiknya Genbestie berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater untuk penanganan lebih lanjut.

 

———

 

Sumber:

 

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1022/kesehatan-mental-pada-ibu-hamil-dan-pasca-melahirkan

 

https://ayosehat.kemkes.go.id/cara-menghindari-stres-saat-hamil

 

https://www.bkkbn.go.id/berita-gangguan-mental-sebabkan-stunting

 

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2730/tips-untuk-mengatasi-baby-blues

 

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/9/pregnancy--dos-donts

 

https://www.alodokter.com/relaksasi-sederhana-di-rumah-bisa-mengusir-stres

 

https://www.alodokter.com/ketahui-cara-menjaga-kesehatan-mental-saat-hamil

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top