24 Dec

Saat ini pemerintah Indonesia masih terus berjuang untuk menurunkan angka stunting hingga menjadi 14%, yang ditargetkan dalam RPJM 2020-2024. Menurut Survei Studi Gizi Indonesia (SSGI), angka stunting di Indonesia berada di 24,4% pada tahun 2021. Sedangkan di tahun 2022, angka stunting mengalami penurunan kembali sebesar 21,6% seperti yang disampaikan oleh Menteri Kesehatan. 

 

Baca juga: 10 Penyebab Stunting pada Anak, Jangan Anggap Sepele

 

Dalam mencegah stunting, bukan hanya pemerintah yang harus bergerak, tetapi keluarga juga memiliki peran penting, terutama ibu. Seorang ibu dan calon ibu harus memiliki pengetahuan dan kesadaran akan pentingnya gizi seimbang dan perawatan anak sejak dini. Dengan pemahaman mengenai stunting, para ibu dapat berperan aktif menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan optimal anak-anak.

 

Lalu, apa saja peran yang bisa ibu lakukan untuk membantu mencegah stunting?

 

Peran Ibu dalam Mencegah Stunting

 

peran ibu dalam mencegah stunting

 

 

1. Periksakan perkembangan anak sejak dalam kandungan
 

Saat hamil, penting bagi ibu untuk selalu memeriksakan kondisi perkembangan ibu dan bayinya. Selain itu, ibu juga harus memperhatikan asupan yang diberikan untuk bayi, seperti mengonsumsi makanan tinggi protein, mengonsumsi tablet tambah darah, dan selalu minum banyak air putih. 

 

Baca juga: Ibu Hamil Tidak Boleh Makan Ikan? Percaya Mitos Ini Malah Bikin Bayi Stunting!

 

2. Memberikan gizi seimbang untuk anak
 

Pemberian gizi seimbang mendukung pertumbuhan dan perkembangan optimal pada anak.  Dimulai dengan memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan, memberikan MPASI sesuai dengan umur anak, serta menerapkan pola makan Isi Piringku. Selain itu, ibu juga harus rutin ke dokter untuk mengecek perkembangan dan pertumbuhan anak, memberikan imunisasi, dan stimulasi kepada bayi sesuai dengan usianya. 

 

3. Menciptakan lingkungan yang sehat
 

Salah satu peran penting ibu yang lainnya adalah menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat untuk tempat tinggal si kecil. Hal itu bisa diwujudkan oleh ibu dengan membangun kebiasaan diri maupun si kecil untuk selalu menjaga kebersihan rumah, menyimpan pakaian anak di tempat yang tertutup, memperbanyak tanaman di rumah, hingga memastikan rumah dan sekitarnya sebagai kawasan bebas asap rokok. 

 

Baca juga: Yuk Lakukan Tips ABCDE untuk Cegah Stunting, Apa Saja Ya?

 

Nah, ternyata peran ibu sangat penting dalam penurunan angka stunting di Indonesia.  Sebagai pahlawan pencegah stunting, ibu harus semangat untuk terus belajar dan mencari tahu informasi terkait stunting, karena ibu menjadi sosok garda terdepan dalam mencegah terjadinya stunting. Yuk, mari sama-sama wujudkan Indonesia bebas stunting, Genbestie!

 

Sumber: 

https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20220118/2639172/upaya-ibu-cegah-anak-stunting-dan-obesitas/

 

https://ayosehat.kemkes.go.id/cara-mencegah-stunting-dari-berbagai-pihak#:~:text=Yang%20Bisa%20Dilakukan%20Ibu,tablet%20tambah%20darah%20jika%20diperlukan

 

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top