26 Oct

Genbestie pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah cacingan atau suatu penyakit yang disebabkan oleh beberapa jenis cacing yang menginfeksi tubuh manusia. Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia, di tahun 2021 terdapat 26 kabupaten dan kota yang memiliki angka prevalensi cacingan di atas 10%, dan 66 kabupaten dan kota yang memiliki angka prevalensi cacingan di bawah 5%. Selain umum ditemui di sekitar kita, cacingan adalah salah satu jenis penyakit tropis yang menjadi prioritas untuk ditangani di Indonesia.

 

Meskipun penyakit cacingan umum ditemui di sekitar kita, namun benarkah jika cacingan dapat menyebabkan stunting pada anak?

 

Hubungan antara Cacingan dan Stunting

 

cacingan menyebabkan stunting

 

Faktanya, jika tidak ditangani dengan tepat, cacingan dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya stunting! Hal ini disampaikan oleh Ketua Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dr. Pimprim Basarah Yanuarso, Sp.A (K), yang dikutip dari Antaranews. Menurutnya, meskipun cukup umum ditemui di sekitar kita, sayangnya masih banyak pihak yang mengabaikan cacingan.

 

Baca juga: Apa Hubungan antara Cacingan dan Stunting?

 

Cacingan dapat menyebabkan stunting karena akan mengganggu penyerapan asupan gizi, terutama karbohidrat dan protein, pada anak. Kalau tidak ditangani dengan serius, cacingan dapat menyebabkan malnutrisi kronis. Akibatnya, IQ dan kemampuan intelektual anak menjadi berkurang, yang berpotensi menurunkan daya saing mereka.

 

Selain itu, cacingan akan menghambat perkembangan mental dan fisik penderitanya. Anak akan lebih rentan terhadap penyakit karena sistem kekebalan tubuhnya menurun. Menurut dokter spesialis patologi klinik dari Universitas Muhammadiyah Jakarta, Dr. dr. Triaguntar Wikaning Tyas, Sp. PK, jika anak yang terinfeksi cacing berpotensi kehilangan darah, baik karena dimakan oleh cacing atau akibat pendarahan. Kehilangan darah dalam tubuh dapat menyebabkan anemia dan meningkatkan risiko anak terkena stunting. 

 

Gejala Cacingan dan Cara Mencegahnya

 

cacingan menyebabkan stunting 2

Genbestie sudah tahu kalau cacingan bisa meningkatkan risiko stunting. Karena itu, kita harus waspada terhadap penyakit ini. Jika sudah muncul beberapa tanda-tanda ini, segera periksakan anak ke dokter atau puskesmas terdekat.

 

1. Gatal di sekitar anus, terutama di malam hari,

2. Gelisah atau tidak nyaman saat tidur karena sering menggaruk bagian tubuh di sekitar anus,

3. Kemerahan atau iritasi kulit di sekitar anus,

4. Perut sering terasa sakit,

5. Kurang nafsu makan hingga mengalami penurunan berat badan,

6. Perut menjadi buncit,

7. Terlihat potongan kecil mirip benang putih dan berbentuk seperti staples pada feses anak.

 

Baca juga: 4 Kebiasaan Sepele yang Bisa Sebabkan Anak Cacingan

 

Nah sebelum timbul gejala, Genbestie wajib mencegah cacingan agar tidak menjangkit tubuh anak. Untuk memutus mata rantai cacingan, kita bisa menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang disarankan oleh Kemenkes dengan cara berikut ini.

 

1. Memberikan obat cacing secara rutin setiap 6 bulan sekali mulai anak usia 2-12 tahun.

2. Membiasakan anak rajin cuci tangan menggunakan sabun, terutama setelah bermain, dan sebelum maupun sesudah makan atau setelah menggunakan kamar mandi,

3. Memotong kuku anak secara rutin untuk menghindari pertumbuhan telur cacing,

4. Memperhatikan kebersihan makanan yang dikonsumsi anak setiap harinya,

5. Mengingatkan anak untuk memakai alas kaki yang bersih ketika bermain di luar ruangan,

6. Mencuci pakaian dengan air panas dan mengeringkannya di bawah terik matahari atau memanfaatkan pengering dengan suhu panas,

7. Mengingatkan anak untuk memakai pakaian yang bersih dan menggantinya setiap hari.


Nah, sekarang Genbestie sudah tahu jika cacingan bisa menyebabkan stunting pada anak, kan? Jadi yuk kita mulai dengan langkah-langkah yang tepat dalam melindungi anak dari risiko cacingan dan stunting.

 

———

 

Sumber:

 

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1288/cacingan-pada-anak

 

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1554/pengaruh-cacingan-pada-kesehatan-anak

 

http://p2p.kemkes.go.id/kemenkes-minta-masyarakat-untuk-waspadi-sejumlah-penyakit-tropis-ini/

 

https://ayosehat.kemkes.go.id/flyer-promkes-2018-anak-cacingan

 

https://umj.ac.id/opini-1/bahaya-cacing-di-dalam-tubuh-manusia/

 

https://www.antaranews.com/berita/3379065/idai-waspadai-kecacingan-penyebab-stunting-pada-anak

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top