21 Nov

Hal lain yang perlu ditekankan, segera cuci tangan setelah memegang benda-benda di sekitar kita. Meski terlihat bersih, boleh jadi benda itu mengandung jutaan kuman berbahaya penyebab penyakit, seperti tifus, diare, kecacingan, dan masih banyak lagi. 

Yuk, segera cuci tangan pakai sabun dengan cara yang benar setelah menyentuh 5 benda ini: 

 

1. Uang Kertas, Uang Koin, dan Buku Rekening 
Sejak dibuat pertama kali dan diedarkan, uang sudah berpindah tangan jutaan kali. Seandainya satu tangan mengandung 10 kuman, bisa dibayangkan berapa kuman yang bersarang di dalam uang kertas maupun koin tersebut. 

Penelitian terbaru dari Mastercard pada 2014 di Eropa menyebutkan, uang kertas maupun koin serta buku rekening merupakan produk yang tak higienis dan kotor. Meski menyadari hal ini, ternyata masih banyak masyarakat enggan mencuci tangan usai memegang uang kartal tersebut.

 

2. Pegangan dan Gagang Pintu 
Fasilitas umum banyak dikunjungi dan dimanfaatkan banyak orang, sehingga kuman pun banyak menyebar, terutama di bagian yang sering dipegang seperti pegangan atau gagang pintu. Untuk itu, kamu sebaiknya mencuci tanganmu setelah mengunjungi beberapa tempat umum dan transportasi umum. Sebab, saat memanfaatkan fasiltas umum, kamu pasti sempat memegang pintu kamar mandi, pegangan tangan di eskalator, tombol lift, dan pegangan di bus umum atau kereta.

 

3. Buku Daftar Menu 
Bibit penyakit juga senang berdiam di restoran, utamanya menyelinap di buku menu. Semakin ramai restoran itu dikunjungi, semakin banyak kuman bersemayam.  Para peneliti dari University of Arizona yang dimuat dalam Health Arizona menemukan, buku menu restoran memiliki 185.000 organisme bakteri. Semua itu sangat masuk akal, karena begitu banyak orang memegang menu restoran saat memilih makanan. Jadi, setelah menyentuh dan memesan makanan, segera cuci tangan.

 

4. Pulpen Milik Orang lain 
Di tempat umum, seperti bank, kantor pemerintahan, dan kantor lainnya, kadang kita terpaksa menggunakan pulpen milik kantor itu saat mengisi formulir atau surat keterangan. Masalahnya, pulpen itu boleh jadi sudah digunakan oleh banyak orang sehingga sudah terkontaminasi bakteri, virus, jamur, dan zat asing berbahaya lainnya. Menurut laporan The Healthy pada 2019, pulpen yang ada di kantor rata-rata memiliki 46.000 kali kuman lebih banyak dibanding kuman di toilet kantor. Segera cuci tangan setelah memegang pulpen. 

 

5. Layar Sentuh
Teknologi saat ini membuat layar sentuh tersedia di mana-mana. Di ATM bank, bandara, stasiun, dan masih banyak lagi. Saat hendak mengambil uang, mengecek saldo, booking tiket, check in, dan aktivitas lainnya, GenBest perlu memencet layar sentuh itu berkali-kali. Sayangnya, ada ribuan bahkan jutaan tangan sudah menyentuh layar sentuh tersebut. Artinya, layar sentuh penuh dengan bibit penyakit. Jadi, segeralah cuci tangan dengan air mengalir menggunakan sabun setelah menyentuh touchscreen ini. 

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top